Resume Surat
Resume Surat
A. Surat Resmi
1. Pengertian
Surat resmi adalah segala komunikasi tertulis yang berisi informasi, perintah, atau permintaan secara resmi dan formal. Surat tersebut dikeluarkan oleh perseorangan, instansi, atau organisasi.
2. Ciri-ciri
Berikut ini ciri-ciri dan karakteristik surat resmi sebagai berikut:
- Menggunakan kop surat dimana disebutkan pihak yang mengeluarkan surat tersebut
- Terdapat nomor surat, lampiran dan perihal
- Memakai bahasa baku dan kalimat efektif
- Memiliki bentuk sistematis
3. Syarat-syarat
Surat resmi yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
- Isi surat harus ditulis dengan singkat, jelas dan padat. Penulis surat harus memilih kata-kata yang baik dan tidak membingungkan serta menggunakan kalimat efektif.
- Pada bagian bahasa, harus menggunakan bahasa yang lugas, baku dan sopan
- Surat resmi harus memuat informasi atau perintah secara lengkap
- Memiliki format yang wajar dan menarik. Penulis surat harus memilih format memerhatikan estetika dan etika. Perhatikan ukuran kertas, margin, susunan alamat sehingga terlihat sebagai surat yang terencana dan nyaman saat dilihat.
4. Struktur
Surat resmi harus mengikuti sebuah format dan struktur tertentu. Struktur surat resmi yang baik dan benar sebagai berikut:
- Kepala surat atau kop surat: Bagian surat yang berisi data informasi mengenai pengirim, seperti logo, nama, email, nomor telepon dan alamat.
- Pembuka surat: Terdiri dari nomor, perihal, tanggal, lampiran, alamat tujuan, serta paragraf pembuka.
- Salam Pembuka: Kata pembuka
- Isi surat: Terdiri dari 3 bagian: Pembuka, isi dan penutup. Pembuka berisi salam dan pengantar ke isi surat. Isi adalah alasan utama membuat surat. Penutup berisi harapan dan ucapan terima kasih.
- Salam Penutup: Tanda kesopanan dalam berkomunikasi melalui surat
- Tanda tangan pengirim surat
B. Surat Pribadi
1. Pengertian
Sesuai dengan namanya, surat pribadi adalah surat yang berisi kepentingan pribadi atau personal dan ditujukan kepada orang lain. Perbedaan antara surat resmi dan pribadi adalah bahasanya. surat resmi ditulis dengan bahasa baku. Sementara itu, surat pribadi biasanya menggunakan bahasa tidak baku, namun tetap memperhatikan etika dan kesopanan. Terkadang, surat pribadi dapat juga menggunakan bahasa baku disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan dan keperluannya.
2. Ciri-ciri
Surat pribadi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Tidak memiliki kop surat dan nomor surat
- Menggunakan bahasa yang santai dan non-formal dalam salam pembuka maupun salam penutup
- Format dan penggunaan bahasa bersifat bebas sesuai keinginan penulis
3. Struktur
- Tempat dan tanggal penulis surat
- Salam pembuka: Sebuah sapaan penulis kepada penerima surat dan dapat dituliskan seperti, halo, hai, salam sejahtera, dan lain-lain
- Paragraf pembuka: Dapat berupa pertanyaan mengenai kabar, kesehatan, keadaan, atau sekedar basa-basi. Setelah itu, kita menulis alasan surat dibuat
- Paragraf isi: Pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh penulis yang merupakan alasan utama surat itu dibuat.
- Paragraf penutup: Sapaan akhir seperti, ucapan terima kasih, permohonan maaf atau harapan dan doa.
- Salam penutup
- Nama dan tanda tangan penulis
Comments
Post a Comment